Rabu, 04 April 2012

BAB I Laporan Kerja Praktek


BAB I
PENDAHULUAN




1.1  Latar Belakang


Kerja Praktek (KP) merupakan syarat penting dalam kurikulum setiap jurusan di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) dan mahasiswa diwajibkan mengikuti Kerja Praktek.
Kerja Praktek adalah penempatan seseorang pada suatu lingkungan pekerjaan yang sebenarnya untuk meningkatkan keterampilan, etika pekerjaan, disiplin dan tanggung jawab yang merupakan suatu kesempatan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, yang ada hubungannya dengan latar belakang seseorang yang melaksanakan Kerja Praktek tersebut.
Bagi penulis sendiri latar belakang dilakukannya praktek kerja lapangan ini yaitu sebagai syarat pembuatan skripsi dimana juga sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan di program studi Strata-1 Teknik Informatika Komputer. Dengan demikian, melalui Lapoan Kerja Praktek (LKP) ini penulis hendak mengkaji “Sistem Informasi Honor Dosen Pada Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara”.


1.2  Perumusan Masalah


Setelah meninjau, meneliti dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Akhirnya penulis menemukan beberapa kendala yang timbul pada Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara, kendala-kendala tersebut yaitu:
1.   Bagaimana membuat informasi data honor dosen pada Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.
2.   Membuaat sistem informasi pengolahan data honor dosen pada Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara, dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic 6.0.


1.3  Ruang Lingkup Masalah


Pada umumnya yang terjadi dalam suatu instansi pemerintas maupun swasta mempunyai rentetan terhadap masalah lainnya. Akan tetapi untuk menghindari masalah yang akan dikaitkan dengan tugas praktek ini, disamping keterlambatan batasan masalah waktu, maka penelitian ini dibatasi hanya membahas masalah pengolahan sistem informasi honor dosen. Adapun ruang lingkup masalah penulis adalah:
1.   Sistem informasi honor dosen pada Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.
2.   Pengoperasian dan menggunakan sistem yang sudah ada pada Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara, dimana sistem yang digunakan saat ini adalah Microsoft Excel.


1.4  Tujuan dan Manfaat Kerja Praktek


Dalam melakukan setiap pekerjaan tentunya ada tujuan yang hendak dicapai. Dari uraian ini penulis berkesimpulan bahwa Kerja Praktek sangat penting bagi lembaga pendidikan dan mahasiswa/i karena dapat menciptakan manusia yang bisa menangani tugas dan tanggung jawab yang ada di dalam perusahaan pemerintah dan swasta.








1.4.1 Tujuan Kerja Praktek


Adapun tujuan Kerja Praktek adalah:
1.   Memperoleh wawasan sehingga dapat mengembangkan disiplin ilmu yang dimiliki dengan kebutuhan di dunia kerja nanti.
2.   Kemammpuan untuk bersosialisasi atau beradaptasi dengan situasi kerja yang sebenarnya.
3.   Membandingkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dengan yang ada di lapangan.
4.   Membina kerjasama yang baik antara kampus yang bersangkutan sebagai lembaga pendidikan dengan instansi atau perusahaan yang terkait.
5.   Sebagai bahan perlindungan bagi mahasiswa untuk melihat secara nyata lingkungan pekerjaan dan kaitannya dengan teori dan praktek yang telah dilakukan di perkuliahan.


1.4.2 Manfaat Kerja Praktek


Manfaat program Kerja Praktek untuk mahasiswa atau penulis antara lain sebagai berikut:
1.   pertama kali untuk diri penulis sendiri karena dapat pengalaman yang sangat berguna, berharga, dan bermanfaat untuk masa depan kelak.
2.   Dengan adanya Kerja Praktek ini mahasiswa dapat melihat bagaimana sebenarnya operasional dari perusahaan. Mahasiswa banyak mendapat masukan baik dalam hal jenis pekerjaan yang dilakukan perusahaan maupun tindakan pada perusahaan agar mendapat kepercayaan dari banyak pihak.
3.   Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dan dapat membandingkan antara teori dengan keadaan yang sebenarnya.
4.   Melatih mental daripada mahasiswa/i untuk bersikap lebih dewasa dan lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan suatu tugas yang diberikan kepadanya.
1.5  Pelaksanaan Kerja Praktek (KP)


1.5.1   Waktu Pelaksanaan Kerja Praktek (KP)


Waktu pelaksanaan Kerja Praktek berlangsung selama 1 (satu) bulan, dimulai dari bulan Maret s/d April 2012.


1.6  Metodologi Pengumpulan Data


Metode penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah sebagai berikut:
1.   Tahapan Persiapan
Mempersiapkan hal-hal yang perlu untuk persiapan kerja praktek, antara lain: Mencari tempat untuk melaksanakan Kerja Praktek, mengirim Surat Permohonan, pengenalan perusahaan, petunjuk operasi di lapangan dan hal-hal yang penting lainnya.
2.   Studi Literatur
Mempelajari buku-buku dan majalah-majalah yang berhubungan dengan Sistem Informasi Manajemen dan Pendataan Honorium guna mendapat pemahaman mengenai teori-teori yang mendukung penulisan dalam pemecahan masalah di laporan ini.
3.   Peninjauan Lapangan
Melihat dari dekat keadaan lapangan, pengenalan pada pimpinan dan karyawan perusahaan yang diinginkan dan selesai tepat waktu. Adapun metode-metode yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut:
a.   Melakukan pengamatan langsung.
b.   Wawancara langsung.
c.   Diskusi dengan pembimbing di perusahaan dan para karyawan langsung.




1.7  Sistematika Penulisan Laporan Kerja Praktek


Untuk memberikan gambaran umum sehingga memperjelas hal-hal yang berkenan dengan pokok-pokok uraian di dalam laporan ini, penulis membaginya dalam beberapa bab yang disusun secara sistematis dalam 4 bab dan dalam tiap-tiap bab dibagi sub-sub bab.
Adapun sistematis penulisan laporan sebagai berikut :
BAB I      : PENDAHULUAN
Bab ini berisikan uraian singkat latar belakang Kerja Praktek, perumusan masalah, ruang lingkup masalah, tujuan dan manfaat kerja praktek, metode penulisan laporan kerja praktek, dan sistematika penulisan laporan kerja praktek, serta waktu pelaksanaan kerja praktek.
BAB II    : TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
Uraian singkat tentang sejarah Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara, visi dan misinya, struktur organisasi dan tugas pegawai, serta layanan pendidikan.
BAB III   : LANDASAN TEORI
Bab ini menguraikan tentang analisa dan pembahasan tentang sistem administrasi di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara serta laporan kerja praktek.
BAB IV   : ANALISA DAN PEMBAHASAN
Bab ini menguraikan tentang analisa sistem administrasi yang berjalan di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara serta membahas tentang kegiatan kerja praktek.
BAB V    : KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisikan kesimpulan dan saran tentang sistem yang berjalan di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara yang mungkin berguna bagi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar